Belajar Karakteristik Orang Sukses Sebelum Umur 40 dari FORTUNE Indonesia Submit 2022

admin
0 0
Read Time:16 Minute, 38 Second


“You want to be something that is good in your sight.”

Sebelum umur 40 harus punya apa sih?

Dulu kecil ketika ditanya apa cita-citanya, saya akan menjawab ingin menjadi dokter atau insinyur. Karena saya pikir menjadi dokter atau insinyur itu keren.

Semakin dewasa, definisi cita-cita menjadi lebih luas. Saya sudah tidak lagi menyebutkan satu profesi sebagai cita-cita. Melainkan sebuah hasil yang ingin saya hasilkan dari profesi saya nantinya.

Capek ya hidup didikte terus menerus, padahal setiap kita punya goals masing-masing.

Cita-citaku ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk saat ini.

Esensi hidup dan cita-cita sebenarnya bagaimana cara kita menjadi bermanfaat untuk orang lain dan bisa berdampak lebih luas.

Coba lihat sudah seberapa jauh kita berusaha?

Sukses dan Kaya Tidak Ditentukan Oleh Usia

Menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain bukan isapan jempol belaka. Sejatinya ada sebuah kenikmatan yang luar biasa. Kita bisa membantu orang lain dengan apa yang kita punya, tidak peduli bentuknya seperti apa tapi orang lain bisa merasakan manfaatnya.

Apakah usia saya yang sudah masuk kepala 3 akan terlambat untuk memulai?

umur 40 tahun
Apa yang sudah kamu capai sebelum umur 40 tahun

Ketika sudah di usia 30 tahunan, banyak hal sudah berubah. Secara usia, kita sudah sepantasnya lebih bijaksana dan belajar dari kesalahan hidup maupun kesalahan lainnya. Nanti di usia 40 tahun kita tidak lagi berpikir tentang diri sendiri, tapi lebih bagaimana bermanfaat untuk orang banyak di masa depan.

Saya pun sempat berpikir bahwa apakah mungkin melakukan perubahan karir saat nanti masuk hampir 40 tahun. Beberapa hal membuat saya lebih membuka pikiran bahwa mungkin saja selama memiliki keyakinan bahwa itu bisa terjadi.

Salah satu kesalahan terbesar yang saya lakukan di usia 20 tahun adalah saat ingin mencoba sesuatu yang baru tapi saya tidak percaya dan memiliki keyakinan yang kuat. Saat itu saya lebih banyak berpikir daripada aksi. Rasa takut dan ragu begitu kuat.

Mendobrak Rasa Takut dan Ragu

Saat membuat perubahan karir, kemungkinan terbesar kita adalah harus meninggalkan zona nyaman. Jika ingin meningkatkan pengalaman dan memulai karir yang baru.

Saya sedang menekuni bidang pekerjaan Digital Marketing. Melihat peluang saat ini tentunya internet sekali kuat penetrasi. Semua orang pasti akan membutuhkan pemasaran secara digital.

Sebagai seorang Digital Marketing Specialist, saya harus bisa memberikan saran yang baik untuk kliennya agar bisa lebih optimal. Selain itu juga memberikan edukasi mengenai cara-cara melakukan pemasaran secara digital.

Profesi ini membuat saya harus ekstra kerja keras untuk membagi waktu dan bisa berkelanjutan.

Selain menjalani profesi sebagai Digital Marketing Specialist, saya juga menawarkan jasa Food Photography karena melihat peluang banyaknya UKM yang berjualan makanan namun belum memiliki foto produk yang menarik supaya dapat meningkatkan penjualan. Tak jarang saya juga berbagi tips mengenai fotografi lewat media sosial.

Saya ingin bisnis yang saya jalani ini bisa berkelanjutan lama dan menghasilkan.

Mau Meng-Upgrade Diri

Untuk dapat bertahan dan berinovasi di bidang pekerjaan yang kita tekuni. Tentunya ada niat dan usaha yang harus dilakukan.

Kalau kamu ingin meningkatkan pengalaman dan memulai karir yang baru, maka kamu perlu melakukan langkah kecil untuk membangun kebiasaan.

tips meningkatkan skill
Selalu upgrade diri untuk meningkatkan value

Saya biasa mengikuti acara webinar yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan dituju atau mengikuti pelatihan pengembangan profesional yang dibutuhkan untuk masuk ke bidang pekerjaan lain.

Keahlian, sertifikasi, dan pendidikan memang sangat diperlukan agar kita mampu menjalankan pekerjaan dan karier baru dengan lebih baik. Apalagi saat ini mudah sekali menemukan kelas-kelas online untuk diikuti baik secara gratis maupun berbayar.

Biasanya saya berlangganan kelas-kelas online seperti di platform Skill Academy milik Ruangguru. Belajar dapat dari mana saja, yang penting niatnya.

Ini merupakan kebiasan kecil untuk membangun kesuksesan sebelum masuk usia 40 tahun.

Belum Terlambat untuk Memulai

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Siapa pun dan kapan pun bisa mempelajari banyak hal baru, walaupun usianya sudah tidak lagi muda. Usia memang menjadi tantangan, sebab semakin bertambah umur, semakin berkurang kemampuan otak.

Saya senang membaca kisah orang-orang sukses yang memberi inspirasi.

Bayangkan saja baru ada yang baru masuk usia 31 tahun saja sudah bisa memimpin sebuah perusahaan dan memiliki karyawan jumlah banyak. Kontribusi yang dilakukan bisa dirasakan oleh banyakan orang.

Sekumpulan orang-orang produktif ini usianya di bawah 40 tahun memiliki kontribusi nyata dalam karya dan lingkungan.

gambaran diri seseorang

Tentu saja, saya juga memiliki harapan yang sama.

Sosok orang sukses membawa sikap kepemimpinan yang mumpuni, memberikan dampak ke masyarakat, serta memiliki potensi karier yang cerah di masa depan.

Walau bagi kita tidak ada kata terlambat untuk belajar menjadi sukses.

Setiap orang pastinya pernah mencapai satu titik di mana dirinya jenuh dengan keadaan ekonominya dan ingin mengubahnya menjadi lebih baik.

Dari banyaknya kisah orang-orang sukses dan kaya sebelum usia 40 membuat saya mencari tahu apa formula keberhasilan mereka. Agar saya bisa mencontoh untuk diterapkan dalam karir dan kehidupan sehari-hari.

5 Faktor yang Bikin Orang Sukses

Saya gemar belajar hal baru. Selalu merasa kurang dan haus akan ilmu yang baru. Dulu sewaktu masih sering ke perpustakaan, saya sering membaca buku-buku kisah orang sukses.

cara menjadi orang sukses
5 Faktor Orang Sukses

Setiap orang tentunya punya faktor kesuksesan yang berbeda-beda. Hal ini wajar, karena kita tentunya berprestasi di kategori dan bidang yang berbeda.

Ternyata ada 5 faktor yang saya pelajari agar dapat menjadi sukses di bidang pekerjaan yang kita tekuni.

  • Kepemimpinan;  tidak setiap orang memiliki jiwa pemimpin yang visioner terhadap apa yang dikerjakan. Berjiwa pemimpin tentunya dapat menggerakan banyak orang untuk mengikuti keinginan sesuai visi dan misi.
  • Dampak positif yang ditimbulkan; dari yang dikerjakan berpengaruh luas ke kehidupan orang lain. Misalnya gaya hidup kita yang selalu disiplin dapat memberikan inspirasi orang lain untuk berubah menjadi disiplin.
  • Potensi sukses; program yang kita lakukan saat ini memiliki peluang berhasil untuk masa depan. Hal ini akan menjadi peluang di masa depan untuk dikembangkan.
  • Kemampuan untuk berinovasi; sebagai pembelajar tentunya diri kita perlu terus menerus berinovasi terhadap ilmu dan pengetahuan.
  • Jiwa kewirausahaan; jiwa kemandirian untuk mencari sebuah sumber penghasilan dengan membuka usaha ataupun menyalurkan kreatifitas yang dimiliki seseorang untuk kemudian dijadikan sebuah lahan untuk mencari penghasilan. Jiwa kewirausahaan ditanamkan sejak seseorang mulai sadar bahwa uang itu penting dan seseorang mulai sadar bahwa uang itu penting dan seseorang tersebut memiliki keterampilan atau sesuatu hal seperti barang atau jasa yang bisa dijual.

Dari lima faktor tersebut, seseorang akan belajar untuk lebih mandiri, berfikir kritis, dan maju. Karena dia akan berpikir tentang bagaimana mengolah hasil dari keterampilan ataupun hasil pembelajaran yang selama ini dia lakukan untuk dijadikan sebuah karya yang dapat dijual, entah itu makanan, pakaian, jasa, atau barang-barang lain.

Memulai Dari Kebiasaan Kecil

Tak mudah untuk memiliki sekaligus 5 karakteristik dari orang sukses. Apalagi kalau diterapkan untuk profesi saya.

Orang-orang hebat mengetahui bagaimana menemukan kepuasan dalam pekerjaan dan bangga akan prestasinya.

Dalam pekerjaan, kita perlu menunjukkan sikap mental positif. Sikap inilah yang akan ikut menentukan keberhasilan kita.

Rasanya juga tak salah untuk belajar karakteristik orang-orang sukses sebelum umur 40 tahun.

Kalian pasti akan sangat terbantu setelah membaca tulisan ini.

1. Melihat Hambatan sebagai Peluang

Saat menghadapi masalah, apakah kita melihat masalah tersebut sebagai hambatan atau peluang untuk berkembang menjadi lebih baik?

Setiap hambatan yang dihadapi merupakan peluang untuk maju. Contohnya William Tanuwijaya, pendiri startup Tokopedia yang punya latar belakang sederhana. Ia lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara, William yang kala itu baru lulus SMA merantau ke Jakarta untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik.

william tanuwijaya
William Tanuwijaya – CEO Tokopedia

Sayangnya, pada tahun keduanya belajar Teknik Informasi di Universitas Bina Nusantara, ayah William jatuh sakit. William pun harus bekerja sampingan sebagai penjaga warung internet (Warnet) agar tetap dapat berkuliah di Jakarta. Keadaan yang mendesak ini membuat kecintaannya pada dunia internet semakin berkembang hingga mencetuskan ide untuk membangun Tokopedia pada 2009 bersama kawannya Leontinus Alpha Edison.

Usahanya tak mudah hingga baru mendapat investor pada 2010. East Ventures menjadi pemodal pertama Tokopedia. Begitu pula, Tokopedia menjadi entitas pertama dalam portofolio East Ventures. Investor lain kemudian berdatangan, seiring pertumbuhan usaha Tokopedia.

2. Menciptakan Sesuatu yang Bernilai

Karakteristik yang satu ini sangat mudah ditebak. Tapi, “sesuatu yang bernilai” itu apa sih?

Pertanyaan ini tentu jawabannya bisa bermacam-macam. Sebab, setiap orang punya misi yang berbeda-beda.

Kamu bisa menciptakan sesuatu yang bernilai bagi para anak-anak muda agar mereka bisa menjadi seorang pemimpin di masa depan. Nantinya untuk melihat hasil dapat memperlihatkan jumlah anak muda yang berhasil dididik oleh kalian dalam satu periode dan juga daftar program yang berhasil dijalankan.

ceo gojek
Kevin Aluwi – CEO Gojek

Kamu juga ingin melakukan hal yang sama? Mulailah dengan menjawab pertanyaan berikut: Apakah kamu bisa menciptakan nilai untuk memecahkan suatu permasalahan?

Tak perlu berpikir terlalu jauh. Awali dari permasalahan yang sederhana terlebih dulu. Contohnya, Gojek yang dipimpin saat ini oleh Kevin Aluwi sebagai CEO.

Gojek kini menjelma menjadi startup yang sangat membantu masyarakat dalam hal layanan transportasi hingga dikembangkan ke lainnya seperti GoSend dan GoShop.

Pada saat itu tidak ada perusahaan teknologi lain yang bisa melakukan beberapa jenis layanan tapi dikerjakan oleh mitra driver yang sama.

Roma tidak dibangun dalam semalam. Begitu pun Gojek. Upaya membesarkannya pun lekat dengan masa-masa sulit.

Gojek saat ini bukan saja mengurusi pengangkutan, seperti yang terjadi pada awal pendiriannya. Ia menjadi on-demand platform yang telah beroperasi di tiga negara, yaitu Indonesia, Singapura, dan Vietnam. Per kuartal ketiga tahun lalu, aplikasi Gojek telah diunduh oleh lebih dari 221 juta pengguna, didukung oleh 2 juta mitra driver di Asia Tenggara, dan 1 juta mitra usaha GoFood di kawasan sama dengan 99 persen merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

3. Aktif Berinovasi

Salah satu cara terbaik untuk mencari solusi adalah dengan melakukan inovasi. Sayangnya, tak banyak orang yang tertarik untuk berinovasi karena sudah terlanjur nyaman dengan cara yang lama.

Tapi, memang apa untungnya sih melakukan inovasi? Dalam hal ini, kita bisa belajar dari Adamas Belva Devara dan Iman Usman yang merintis startup teknologi pendidikan, Ruangguru pada tahun 2014.

ceo ruangguru
Adamas Belva Devara & Iman Usman – CEO Ruangguru

Keduanya merupakan lulusan universitas prestisius. Belva merupakan sarjana Nanyang Technological University yang melanjutkan pendidikan master melalui program ganda di Universitas Harvard sekaligus Stanford. Sementara Iman kuliah di Universitas Indonesia sebelum melanjutkan studi ke Columbia University, New York.

Pada tahap awal, Belva dan Iman menciptakan Ruangguru sebagai situs untuk memudahkan siswa belajar. Seiring pertumbuhan pengguna, ide mereka pun menarik investor. Ruangguru telah mendapat berbagai pendanaan di antaranya East Ventures, Ventura Capital, GGV Capital, Tiger Global Management, dan perusahaan ventura lainnya.

Pandemi membuat kinerja Ruangguru semakin terakselerasi karena sistem pembelajaran jarak jauh menjadi solusi pencegahan penularan Covid-19. Dengan sejumlah layanan berbayar seperti Roboguru, English Academy, hingga Skill Academy, Ruangguru disebut-sebut telah membukukan pendapatan senilai US$63 juta atau setara Rp 903 miliar pada 2020, naik empat kali lipat dalam setahun. Dengan valuasi US$800 juta atau setara Rp11,4 triliun, Ruangguru juga digadang-gadang segera menjadi unicorn baru Indonesia.

4. Update dengan Tren Terbaru

Sebagai seorang pebisnis, kita juga harus terus update dengan tren terkini.

Dengan memperhatikan tren, ada banyak peluang yang bisa kamu temukan. Saya mempelajari dari Arief Muhammad, sebagai Content Creator terus bergerak dinamis dan jalani semua tanpa ragu.

Menurutnya, setiap periode waktu akan selalu membawa perubahan, sehingga perlu melakukan adaptasi agar tidak tergerus zaman.

poconggg
Arief Muhammad – Poconggg

Sekitar tahun 2009, publik mengenal sosok Arief Muhammad. Sang empunya akun Twitter @poconggg–dengan 3 huruf ‘G’– cukup menarik perhatian dengan konten komedi, kritik sosial, hingga kehidupan sehari-hari. Namun, tiba masanya ketenaran Poconggg meredup.

Arief pun berjuang bangkit. Berbekal niat merintis usaha, ia belajar menjadi distributor pulsa kepada salah satu agen pulsa terbesar di Jawa Timur. Tercatat, Arief kini masih menjalani bisnis dengan jenama besar, seperti Baso Aci Akang di sektor kuliner, Prep Studio dan Billionaire’s Project di bidang fesyen, serta bisnis properti Ternak Kostan.

5. Memperkuat Kehadiran Lewat Online

Dengan semakin mudahnya terhubung ke internet. Sekarang banyak sekali seorang ahli atau profesional yang menunjukkan keterampilan mereka di media sosial seperti pengusaha, pebisnis, dokter, psikolog dan berbagai bidang lain.

Mereka tidak segan untuk membagikan ilmu dan pengalamannya. Karena, mereka secara aktif menggunakan platform online seperti website dan akun media sosial.

Dengan memperkuat online presence tentunya ada banyak hal yang bisa diperoleh, di antaranya:

  • Dapat dengan mudah menampilkan produk dan layanan bisnis
  • Menjangkau pasar secara lebih luas.
  • Dapat berkomunikasi dan terhubung langsung dengan para konsumen.
  • Bisnis dapat melakukan aktivitas branding sebebas-bebasnya.

Kelima karakteristik ini saya pelajari dari orang-orang yang mendapatkan penghargaan 40Under40 oleh FORTUNE Summit. Sudahkah kalian membangun personal branding di media sosial?

Apresiasi Bagi Para Pelaku Bisnis

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses tentunya membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan. Kerja keras disertai karakter yang baik, membuat seseorang dapat bertahan dalam kesuksesan.

Makanya, penting sekali untuk kita belajar lebih dalam bersama para ahli untuk dijadikan role model sekaligus mentor agar kita dapat mencontoh jejak sukses mereka.

fortune indonesia summit
Acara Fortune Indonesia Summit 2022

Salah satunya, saya senang sekali tahun ini FORTUNE Indonesia akan menyelenggarakan FORTUNE Indonesia Summit untuk pertama kalinya.

FORTUNE Summit merupakan platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia.

Dalam acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth.

Topik-topik menarik yang akan diangkat pun sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Seluruhnya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara inspiratif. 

Penonton akan mendapatkan nasehat bisnis sekaligus ilmu yang bermutu langsung dari ahlinya.

Tak ketinggalan pula dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022, juga akan diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Bertaburan Orang-Orang Hebat di Indonesia

Pemilihan 20 pebisnis terbaik Indonesia pada tahun ini tak hanya bertujuan untuk memberikan apresiasi, namun juga untuk menginspirasi para pebisnis lainnya.

Cara mereka masing-masing dalam menghadapi berbagai tantangan di masa pandemik pun bisa dijadikan pelajaran penting dalam melakoni bisnis.

businessperson

Businessperson of the Year ini berisikan 20 nama-nama besar ternama dalam memimpin bisnis yang sudah lama berdiri. Berikut daftar namanya :

  1. Garibaldi Thohir (Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk),
  2. Franky Oesman Widjaja (Chairman dan CEO Golden Agri-Resources Ltd (GAR)),
  3. Anthoni Salim (Presiden Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk),
  4. Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk),
  5. Susilo Wonowidjojo (Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk),
  6. Andre Sukendra Atmadja (Presiden Direktur PT Mayora Indah Tbk),
  7. Nicke Widyawati (Direktur Utama PT Pertamina (Persero)),
  8. Haryanto Adikoesoemo (Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk),
  9. Alvin W. Sariaatmadja (Presiden Direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk),
  10. M. Arsjad Rasjid (Direktur Utama PT Indika Energy Tbk),
  11. Sunarso (Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk),
  12. William Tanuwijaya (CEO Tokopedia),
  13. Ririek Adriansyah (Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)),
  14. Kuncoro Wibowo (Pendiri Kawan Lama Sejahtera Group),
  15. Handojo Santosa (Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk),
  16. Budiarto Halim (Presiden Direktur PT Erajaya Tbk),
  17. Silmy Karim (Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk),
  18. Frans Kesuma (Presiden Direktur PT United Tractors Tbk),
  19. Tjiu Thomas Effendy (Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk), dan
  20. Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk).

top 20 businessperson

Mengacu pada metodologi yang digunakan prinsipal FORTUNE di Amerika Serikat, penilai 20 pebisnis ini ditentukan berdasarkan kinerja yang dihasilkan oleh perusahaan yang dipimpin.

Di samping itu, Businessperson of the Year juga dinilai dari sejumlah indikator seperti kepemimpinan yang transformatif, Good Corporate Governance (GCG) yang efektif, dan aksi korporasi yang adaptif. Indikator yang tidak mudah untuk dilewati oleh setiap orang.

Sementara itu juga ada apresiasi untuk daftar 40Under40 memuat nama tokoh Indonesia dari berbagai sektor dengan usia di bawah 40 tahun – per 1 Februari 2022 – seperti :

Kategori Business

  • Achmad Zaky (Co-founder Bukalapak, Founder Init-6 dan Achmad Zaky Foundation), 
  • Anderson Sumarli (CEO dan Co-founder Ajaib),
  • Anderson Tanoto (Managing Director RGE Pte Ltd),
  • John Riady (CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group),
  • Erastus Radjimin (Founder and CEO ARTOTEL Group),
  • Ernest Saudjana (Managing Director and Partner Boston Consulting Group),
  • Muhammad Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia),
  • Farrell Grandisuri Sutantio (President Director and Grup CEO PT Cisarua Mountain Dairy),
  • Ferry Unardi (CEO and Co-founder Traveloka),
  • Gibran Huzaifah (Chief Executive Officer eFishery),
  • Oscar Darmawan (CEO Indodax),
  • John Marco Rasjid dan Christopher Madiam (CEO dan Co-founder Sociolla),
  • Michael Widjaja (Group Chief Executive Officer (CEO) Sinar Mas Land),
  • Handhika Wiguna Jahja (Executive Director Shopee),
  • Jonathan Tahir (Group CEO Mayapada Healthcare),
  • Michael William P. Soeryadjaya (Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk),
  • Kevin Aluwi (CEO Gojek),
  • Maya Watono (Direktur Pemasaran InJourney),
  • Melissa Siska Juminto (COO Tokopedia),
  • Michael Soerijadji (Founder dan Managing Partner AC Ventures),
  • Belinda Tanoko (Presiden Direktur Tanrise Property),
  • Adamas Belva Syah Devara dan Iman Usman (CEO dan COO Ruangguru),
  • Dyota Marsudi (CEO Bank Aladin Syariah),
  • Edward Tirtanata dan James Prananto (Co-founder dan CEO Kopi Kenangan/Co-founder dan Chief Business Officer Kopi Kenangan),
  • Roderick Purwana (Managing Partner of East Ventures), dan
  • Sharlini Eriza Putri (Co-Founder dan CEO Nusantics).

Kategori Entertainment

  • Angga Dwimas Sasongko (Sutradara, Produser, CEO Visinema),
  • Arief Muhammad (Kreator Konten),
  • Nicole Zefanya (Musisi), Rich Brian (Musisi),
  • Raffi Ahmad (Artis dan Pengusaha), dan
  • Reza Rahadian Matulessy (Aktor).

Kategori Government and Public Policy

  • Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif),
  • Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur),
  • Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo),
  • Nadiem Anwar Makarim (Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), dan
  • Putri Indahsari Tanjung (Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office (CXO))

Kategori Social

  • M. Alfatih Timur (CEO dan Founder Kitabisa.com)

Kategori Sports

  • Greysia Polii dan Apriani Rahayu (Atlet Bulu Tangkis Indonesia), dan
  • Eko Yuli Irawan (Atlet Angkat Besi)

Banyak sekali nama-nama hebat yang bukan saja dikenal di Indonesia melainkan juga di luar negeri karya dan prestasi mereka yang layak dijadikan inspirasi.

Banyak Manfaat Ilmu

Bicara soal manfaat, tentunya mengikuti acara FORTUNE Indonesia Submit 2022 bukanlah keputusan yang salah.

Hadirnya para tokoh dan narasumber yang ahli dibidangnya tentunya akan meningkatkan kemampuan kita dalam hal menganalisa suatu permasalahan. Secara tidak langsung menambah wawasan tentang masalah atau isu-isu yang bersifat ilmiah.

fortune indonesia summit
Penyelenggaraan FORTUNE Indonesia Summit 2022

Saya paling senang mengikuti webinar, karena menjadi wadah latihan dalam mengemukakan pendapat. Secara tidak langsung meningkatkan kemampuan dalam berdialog di depan banyak orang atau melatih cara berkomunikasi dengan orang lain.

FORTUNE Indonesia Submit 2022 akan diadakan selama 2 hari, yaitu pada 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta.

Adapun untuk rundown acara selama dua hari, dapat kalian lihat di sini.

Selama dua hari penuh, peserta akan mendapatkan intisari ilmu dari pakarnya di bidang business, finance, tech, leadership hingga sustainability mengenai ekosistem bisnis di Indonesia sesuai dengan tema FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Investasi Ilmu dan Waktu untuk Masa Depan

Belajar sendirian bisa jadi lebih mudah, tapi kadang terasa membosankan. Kita mungkin membutuhkan teman yang memang bisa memudahkan dan membimbing. Atau bisa mencari teman yang memiliki tujuan yang sama. Bukan hanya sebagai teman diskusi, tetapi teman yang dapat kamu jadikan tolak ukur seberapa besar peningkatan perubahan yang telah kamu lakukan.

Andai waktu dapat diputar, saya ingin sekali kembali waktu usia 20 tahun, namun rasanya tidak mungkin. Makanya, selagi masih ada kesempatan lakukan sebaiknya.

Kesempatan kamu untuk menjadi sukses bisa dimulai dari hal-hal kecil. Salah satunya adalah dengan berinvestasi dari bagian leher ke atas yaitu belajar dari orang yang telah berpengalaman dengan mengikuti FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Nah, mumpung ada kesempatan yang baik, mending kamu sekarang segera memesan tiket masuk acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.

tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022
Cara membeli tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022

Caranya mendapatkan tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022 mudah sekali yaitu dengan cara berlangganan Majalah FORTUNE Indonesia selama setahun saja. Dan, majalah ini bisa kamu dapatkan lewat Tokopedia seharga Rp 1.200.000 lebih hemat 5%.

Kamu cukup berlangganan dan transaksi langsung di Tokopedia maka sudah langsung otomatis mengamankan kursi untuk mengikuti FORTUNE Indonesia Summit 2022 dan belajar dari para business person.

Tak Ada Lagi Kesempatan Kedua

Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini memang membuat kita semakin harus update perkembangan. Terlebih semakin berganti tahun, tantangan bisnis da perubahan semakin menantang. Para pelaku bisnis pun juga perlu kreatif untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka.

Tentunya kita juga tidak ingin ketinggalan bukan. Akan ada banyak sekali ilmu yang bermanfaat saat FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Segera amankan kursi kalian. Sampai jumpa di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.



Source link

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Legit Place To Find Work-From-Home Jobs?

Last Updated on May 11, 2022 by Justin Su Want to start your journey with work-from-home jobs? Then Appen can be your best friend. In this Appen Jobs Review article, we will cover everything related to Appen Jobs. Finding translation, writing, and transcription types of jobs are easy with Appen […]

Subscribe US Now